Pages

Kamis, 21 Mei 2015

Makaalah Smartphone

                                                                            Bab I
Pendahuluan
1.1              LATAR BELAKANG
Perkembangan jaringan telekomunikasi dan teknologi saat ini mengalami kemajuan yang sangat cepat. Berbagai macam fasilitas teknologi telekomunikasi terus dikembangkan agar pengguna dapat melakukan komunikasi suara, data, dan grafik atau gambar. Kebutuhan akan komunikasi grafik dan gambar membutuhkan kecepatan data yang semakin tinggi sehingga harus didukung oleh sistem yang handal agar dapat memberikan kualitas layanan dengan baik.
Kegunaan perangkat teknologi seluler dari waktu ke waktu semakin dibutuhkan oleh
berbagai elemen masyarakat maupun badan usaha untuk berbagai kebutuhan yang disesuaikan, baik untuk meningkatkan produktivitas ataupun sarana bertukar data dan juga akses informasi maupun sarana hiburan yang sangat lengkap. Seperti tidak bias lepas dari kebutuhan komunikasi, seluler dan komponennya semakin berkembangan dan menawarkan lebih banyak fitur-fitur canggih yang terkadang bias digunakan bukan hanya untuk sekedar komunikasi belaka. Bagi sebagian kalangan memiliki ponsel pintar menjadi tolak ukur dalam melihat tingkatan  pengetahuan seseorang bahkan lebih parahnya sebagai perbandingan kekayaan antara satu orang dengan orang lain.
‘.Banyaknya vendor gadget berlomba memasarkan produk ciptaan mereka untuk dapat
menunjukan siapa yang lebih baik diantaranya. Banyak perusahaan menciptakan smartphone yang hadir menggunakan teknologi yang terus berkembang serta desain yang semakin mengikuti keinginan konsumen.




1.2              RUMUSAN MASALAH
1.                  Bagaimana spesifikasi, kelebihan dan kekurangan smartphone Samsung Galaxy S6?
2.                  Bagaimana spesifikasi, kelebihan dan kekurangan smartphone Iphone 6 Plus?
3.                  Bagaimana spesifikasi, kelebihan dan kekurangan smartphone Xiaomi Mi 4i?
4.                  Bagaimana spesifikasi, kelebihan dan kekurangan smartphone?
5.                  Bagaimana spesifikasi, kelebihan dan kekurangan smartphone?



BAB II
PEMBAHASAN
1.                  Perusahaan Samsung
Samsung Galaxy S6
Spesifikasi:
a.                   Jaringan HP
Untuk jaringan HP yang di gunakan, ponsel ini sudah tersedia 3 jaringan yakni Jaringan 2G, Jaringan 3G dan jaringan yang terbaru dan sudah mulai di perluas jangkauannya di Indonesia adalah jaringan 4G yang mendukung kecepatan akses data internet LTE lebih cepat di bandingkan jaringan 3G. Dengan adanya jaringan tersebut maka penggunaan smartphone ini lebih bisa menyesuaikan dan menikmati jaringan terbaru yang kini sedang dalam masa perluasan.
b.                  Model dan Design HP
Masih sesuai dengan model yang dulu yakni ciri khas dari Samsung yang berbentuk kotak dan hampir mirip dengan pedahulunya yakni Samsung Galaxy S5. Dengan ukuran layar 1440 x 2560 pixels (~587 ppi pixel density) 5.0 inches ini di lapisi dengan Corning Gorilla Glass 4 yang akan mengamankan layar dari goresan-goresan yang kemungkinan terjadi. Dan jenis layar yang di gunakan adalah Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors. Jika di lihat dari video review yang di sebarkan beberapa media dan vendor, Samsung Galaxy S6 ini bodynya di lapisi dengan logam dan mirip dengan iPhone 5S yang bodynya di lapisi logam juga dan berawarna emas.

c.                   Memori HP
Dalam penggunaan memori penyimpanan data, Samsung Galaxy S6 memiliki memori yang berkapasitas cukup besar antara internal dan eksternal serta RAM nya. Untuk memori internalnya, ponsel ini di kabarkan akan mengusun internal 32GB dan sedangkan memori eksternalnya mampu menampung microSd hingga 128GB. Untuk memori RAM memiliki ukuran 3GB yang akan memberi peran pengoptimalan kinerja dari ponsel ini dalam menjalankan semua aplikasi dan os nya. Walaupun jika di bandingkan Samsung Galaxy S6 vs Asus Zenfone 2, memori RAM nya lebih besar Zenfone 2 dan tentu saja performanya berbeda.
d.                  Koneksi HP
Untuk layanan koneksi HP yang berupa jaringan data internet dan sarana berbagi data baik dokumen dan media. Ponsel ini tersedia jaringan EDGE, GPRS, jaringan 3G dengan kecepatan cukup cepat dan juga jaringan 4G/LTE yang merupakan jaringan tercepat setelah 3G yang mengusung jaringan HSPA dan HSDPA. Sedangkan jika pengguna tidak memiliki paket data internet, bisa menggunakan fiture wifi yang terdapat pada ponsel ini dengan detile perangkat wifi yakni Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot.
e.                  Fiture Samsung Galaxy S6
Terdapat banyak fiture yang di berikan oleh Samsung kepada para konsumen yang akan meminang dan menunggu kehadiran Samsung Galaxy S6 ini. Fiture tersebut ada banyak sekali selain yang sudah di jelaskan di atas seperti water resistance. Juga tersedia Bluetooth, GPS,MP3 Player,MP4 Player dan masih banyak lainnya. Namun sayangnya tidak tersedia layanan FM Radio pada device besutan Samsung ini.
Sedangkan untuk kamera pada Samsung Galaxy S6 terdapat dobel kamera yang tersemat pada ponsel ini. Untuk kamera utama/primer memili ukuran 20 MP, 4992 х 3744 pixels, phase detection autofocus, LED flash dengan fiture kamera seperti Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, dan pengamilan mdoe panorama. Dan sedangkan untuk kamera sekundernya memiliki ukuran 5 MP, 1080p@30fps, dual video call.
Dengan dobel kamera ini tentu saja hasil jepretan menghasilkan kualitas yang bagus dan tentu saja jernih.
Spesifikasi Samsung Galaxy S6
Setelah membahas dari hal dasar hingga ke fiture Samsung Galaxy S6, lalu ke bagian spesifikasinya. Untuk hal ini, smartphone ini sudah mengusung sistem operasi yang terbaru yakni Android OS, v5.0 (Lollipop) yang mana di optimalkan dengan menggunakan CPU dan GPU. Untuk CPUnya menggunakan Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53 & Quad-core 1.9 GHz Cortex-A57 dan Chipset yang di pakai adalah Exynos 7420 dan GPU yang di pakai adalah Mali-T760. Selain itu memori RAM 3GB juga berpengaruh besar dalam mengoptimalkan kinerja dari ponsel ini. Untuk spesifikasi lengkapnya bisa di simak di bawah ini :

Spesifikasi Samsung Galaxy S6

Jaringan 2G
GSM
Jaringan 3G
HSDPA
Jaringan 4G
LTE
Layar
5.0 inches, 1440 x 2560 pixels (~587 ppi pixel density)
Jenis layar
Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Lain-lain
– Fingerprint sensor (PayPal certified)
– Samsung Pay (Visa, MasterCard, AMEX certified)
– IP67 certified – dust and water resistant
– Water resistant up to 1 meter and 30 minutes
Internal
32GB / RAM 1GB
Slot
Up to 128GB
Kecepatan
HSPA, LTE
Wifi
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
O.S.
Android OS, v5.0 (Lollipop)
CPU
Exynos 7420, Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53 & Quad-core 1.9 GHz Cortex-A57
GPU
Mali-T760
Sensor
Accelerometer, proximity, compass
Kamera
belakang
20 MP, 4992 х 3744 pixels, phase detection autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama, 2160p@30fps, 1080p@60fps, 720p@120fps, HDR, dual-video rec.
Kamera depan
5 MP, 1080p@30fps, dual video call
GPS
Yes, A-GPS, GLONASS
Java
Yes, MIDP 2.1
Fitur lain
– Wireless charging (Qi-enabled) – market dependent
– ANT+ support
– S-Voice natural language commands and dictation
– Smart stay, Smart pause, Smart scroll
– Air gestures
– Dropbox (50 GB cloud storage)
– Active noise cancellation with dedicated mic
– MP4/DivX/XviD/WMV/H.264 player
– MP3/WAV/WMA/eAAC+/FLAC player
– Photo/video editor
– Document viewer
Baterai
Tipe  Li-Ion battery ??
Siaga :
Bicara Aktif :

 

 

Harga Samsung Galaxy S6

Harga Samsung Galaxy S6 ini belum tersedia, baru rumor akan di rilis ponsel terbaru dari Samsung ini pada seri Samsung Galaxy Series terbaru. Kemungkinan dari informasi yang di tuliskan di GSMArena.com menyebutkan bahwa di quartal 1 akan di umumkan resminya ponsel ini di pasarkan ke dunia. Untuk harga Samsung Galaxy S6 Indonesia nanti akan segera di informasikan jika sudah tersedia.
Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S6
Kelebihan Samsung Galaxy S6
Kelemahan Samsung Galaxy S6
Android OS, v5.0 (Lollipop)
Tidak tersedia FM Radio
Exynos 7420, Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53 & Quad-core 1.9 GHz Cortex-A57
Kerapatan layar ~587 ppi pixel density
Memori eksternal up to 128GB, dan Internal 32GB, RAM 3GB
Desain tetap sama
Kamera belakang 20MP, depan 5MP
Harga Mahal
Ukuran layar 5 inches




2.                  Perusahaan Apple
Iphone 6 Plus
Ø    Spesifikasi:
a.                  Layar yang Lebar
Desain perangkat yang ada pada spesifikasi Iphone 6 Plus sendiri mengusung desain yang bergaya dan keren. Ponsel ini ketika anda bawa hangout akan meningkatkan kharisma anda secara drastis. Ukuran handset ini adalah 158.1 x 77.8 mm dengan ketebalan 7.1 mm dan berat 172 gram yang menjadikannya nyaman untuk digenggam karena tipis. Ponsel pintar Apple Iphone 6 Plus ini juga menggunakan slogan bigger than bigger yang menunjukkan bahwa smartphone Apple ini mempunyai layar besar yang terbaik. Hal ini memang sesuai dengan slogannya karena dilengkapi dengan layar berteknologi tinggi dengan panel LED Backlit IPS LCD berukuran 5 inci yang dapat menghasilkan resolusi 1080 x 1920 pixels. spesifikasi Apple Iphone 6 Plus yang tampilan layar sangat menawan ini sudah lebih dari cukup dengan tambahan teknologi Scratch resistant glass dan Oleophobic coating. Handset tipis dengan display yang cantik ini memiliki fitur Multitouch untuk mendeteksi multijari pada layar , Fingerprint sensor (Touch ID) dan Apple Pay.
b.                  Kartu Grafis PowerVR GX6650
Kinerja dapur pacu yang disematkan pada spesifikasi Iphone 6 Plus terbilang gahar dengan processor Dual Core 1.4 GHz Cyclone (ARM v8-based). Processor yang gahar tersebut disokong oleh kartu grafis kualitas tinggi PowerVR GX6650 dan Chipset A8 buatan vendor Apple. Sistem operasi yang mengusung Apple Iphone 6 Plus menggunakan OS terbaru i OS 8 yang kinerjanya mantap. Sayangnya pada lini kapasitas RAM spesifikasi Apple Iphone 6 Plus masih menggunakan kapasitas 1 GB yang kemampuannya standar dalam menghandle proses multitasking.
c.                   Kamera Multi Fitur
Sedangkan pada sektor kameranya spesifikasi Iphone 6 Plus menggunakan dual kamera dengan resolusi 8 MP dan 1.2 MP yang sama dengan saudaranya yaitu Iphone 6. Pada bagian belakang perangkat dari Iphone 6 Plus ini sama kualitasnya dengan Iphone 6 standar dengan lensa kamera ukuran 8 MP dengan resolusi 3264 x 2448 pixels. Fitur yang ditawarkan juga tidak berbeda dengan optical image stabilizatio , phase detection autofocus, dual LED flash ,1/3” sensor size, 1.5µm pixel size, geo-tagging, simultaneous HD video and image recording, touch focus, face/smile detection. Kamera Apple Iphone 6 Plus juga dapat merekam video dengan kualitas 1080p@60 fps dan 720p@240 fps dengan optical stabilization yang maksimal. Sementara bagi anda pecinta selfie pada spesifikasi Apple Iphone 6 Plus anda akan mendapatkan kamera depan resolusi 1.2 MP yang tidak terlalu besar. Namun dapat menghasilkan kualitas 720p dengan tambahan fitur burst dan HDR yang dipergunakan untuk video call.
d.                  Kapasitas Penyimpanan Tinggi
Spesifikasi Iphone 6 Plus juga memiliki ruang kapasitas penyimpanan yang tinggi walaupun tanpa ekspansi kartu Micro SD. Ukuran kapasitasnya sendiri dengan pilihan memori internal sama dengan Iphone 6 yaitu dengan tiga varian memori 16 GB, 64 GB, dan paling tinggi 128 GB. Dengan kapasitas memori internal dari Apple Iphone 6 Plus yang besar tersebut membuat anda dapat menggunakan ponsel ini sesuai kebutuhan yang anda perlukan dalam menyimpan data-data dan file multimedia. Spesifikasi Apple Iphone 6 Plus yang disisi pilihan memorinya beragam tersebut membuat anda semakin mudah untuk memilih Iphone 6 Plus yang sesuai dengan kebutuhan anda.
e.                  Konektivitas Teknologi Mutakhir
Sekarang kita berpindah pada sektor jaringan perangkat dari spesifikasi Iphone 6 Plus yang mengusung jaringan lengkap dimulai dari jaringan 2G, 3G, dan tentu saja 4G. Handset juga didukung dengan sisipan katu slot berjenis Nano SIM yang mengharuskan anda untuk memotong ukuran standar kartu SIM menjadi lebih kecil. Pilihan konektivitas yang anda dapatkan pada Apple Iphone 6 Plus mulai dari DC-HSDPA berkecepatan 42 Mbps, HSUPA berkecepatan lebih kecil yaitu 5.76 Mbps, dan LTE yang mempunyai kecepatan hingga 150 Mbps. Selain itu pada spesifikasi Apple Iphone 6 Plus juga terdapat kelengkapan jaringan Wi-Fi dengan pilihan teknologi dual band dan Wi-Fi Hotspot untuk menambah fleksibilitas anda dalam mengakses internet. Apple Iphone 6 Plus juga ditanamkan Bluetooth v4.0 , USB , dan NFC.
f.                    Baterai Non Removable
Pada lini kapasitas baterai, spesifikasi Iphone 6 Plus juga meliki baterai yang tahan lama dan dapat digunakan secara optimal dalam waktu seharian. Waktu stand by yang dapat dicapai ponsel ini mencapai 384 jam pada jaringan 3G dan talk time mencapai 24 jam pada jaringan 3G. Sedangkan untuk memainkan musik secara marathon Apple Iphone 6 Plus dapat hidup terus-menerus selama 80 jam tanpa henti. Minusnya adalah baterai pada ponsel Apple terbaru ini tidak dapat dilepas dari segel perangkatnya. Namun secara keseluruhan spesifikasi Apple Iphone 6 Plus ini akan sangat menunjang kebutuhan mobile anda yang semakin meningkat baik itu untuk membantu pekerjaan, maupun untuk hiburan.

Ø    Kelebihan Smartphone iPhone 6 Plus

§     Ponsel ini dibekali beberapa varian memori internal mulai dari 16GB, 64GB, hingga 128GB. Dari masing masing varian akan membedakan setiap harganya.
§     Untuk RAMnya juga sebesar 2GB yang terbilang cukup besar.
§     Sudah mengadopsi OS terbaru dari Apple yaitu iOS 8.
§     Untuk ukurannya yang terbilang cukup besar sekitar 5.5 inci.
§     Untuk GPUnya sendiri sudah menggunakan PowerVR GX6650 (hexa-core grphics)
§     Untuk kapasitas baterainya juga lumayan besar yaitu sekitar 2915mAh
§     Untuk harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan iPhone iPhone tie sebelumnya

Ø    Kekurangan Smartphone iPhone 6 Plus

§     Jika dilihat desainnya memang terlihat hampir sama dan gak jauh berbeda dengan iPhone 6 yang biasa
§     Untuk kamera utamanyapun juga sama sama dengan ukuran 8MP
§     Selain itu kalau untuk iPhone 6 Plus ini masih belum terdapat inovasi atau terobosan terbaru yang tentunya cukup berarti untuk smartphone ini
§     iPhone 6 Plus masih menggunakan prosesor Dual-core 1.4 GHz Cyclone (ARM v8-based)
§     Kamera depan dimiliki oleh iPhone 6 Plus masih memiliki resolusi 1.2 MP
§     Baterai digunakan iPhone 6 Plus masih Non-removable Li-Po 2915 mAh battery (11.1 Wh)
§     iPhone 6 Plus masih dibekali 1 GB RAM
§     iPhone 6 Plus belum mendukung fitur Radio

3.                  Perusahaan Xiaomi Inc
Xiaomi Mi 4i
Ø    Spesifikasi:
a.                  Layar
Seperti kebanyakan ponsel pintar, ukuran layarnya cukup jembar, yaitu 5 inci. Layarnya menghasilkan gambar beresolusi 1.280 x 1.080 piksel dengan kerapatan 441 ppi (piksel per inci).
b.                  Tampilan
Dari segi penampilan, tidak ada yang istimewa. Material menjadi aspek yang diunggulkan, yakni terbuat dari polycarbonate. Ini diklaim mempu menghindarkan noda, sekalipun dari tinta permanen. Mi 4i juga menjadi seri pertama yang menggunakan bahan tersebut.
Polycarbonate lebih lembut dibandingkan material plastik atau alumunium,” demikian ditulis situs CNET, Jumat, 24 April 2015.
Ponsel ini memiliki ketebalan 7,8 inci. Sedangkan bobotnya adalah 130 gram.
c.                   Prosesor
Prosesornya menggunakan Snapdragon 615 octa-core 1.7 gigahertz dengan arsitektur 64-bit. Ukuran RAM-nya adalah 2 gigabita. Chipset berinti delapan (octa) kini tengah menjamur. Produk lain yang juga menggunakannya antara lain, Oppo R1x, Samsung Galaxy S6, dan ZTE Bade Vec Pro.
d.                   Memori
Kapasitas memori internalnya dapat menampung file seukuran 16 gigabita. Sayangnya, ini tidak dapat diperbesar melalui kartu microSD.
e.                  Sistem Operasi
Platform yang dibenamkan adalah Android 5.0 alias Lollipop. Seperti pada ponsel Xiaomi lain, terdapat peranti lunak MIUI yang digunakan untuk mendukung tampilan antarmukanya (user interface). Pada Mi 4i, yang digunakan adalah MIUI 6.
f.                    Kamera
Kamera utamanya beresolusi 13 megapiksel, sedangkan kamera depannya 5 megapiksel. Xiaomi mengklaim, ini dapat menghasilkan gambar dengan kualitas high-definition (HD).
g.                  Baterai
Baterai menjadi fitur lain yang diunggulkan Mi 4i. Kekuatan baterainya adalah 3.120 mAH. “Ini adalah kapasitas baterai terbesar yang ada pada ponsel,” Xiaomi mengklaim.
Baterai tersebut diklaim mampu bertahan selama 36 jam. Dalam waktu satu jam, baterainya dapat terisi sebanyak 40 persen.
Ø    Kelebihan Xiaomi Mi 4i
·                     2G GSM SIM 1 & SIM 2
·                     3G HSDPA/TD-SCDMA
·                     4G LTE
·                     Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
·                     Tipe layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
·                     Ukuran layar 5.0 inches
·                     Kepadatan layar ~441 ppi pixel 
·                     Sistem operasi Android OS, v5.0.2 (Lollipop)
·                     Prosesor Quad-core 1.7 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.1 GHz Cortex-A53
·                     Memori internal 16 GB, 2 GB RAM
·                     Kamera utama 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, dual-LED (dual tone) flash
·                     Kamera depan 5 MP
·                     Kapasitas baterai Li-Ion 3120 mAh
Ø    Kelemahan Xiaomi Mi 4i
·                     Tidak mendukung memori eksternal
·                     Tidak memiliki pelindung layar
4.                  Perusahaan Lenovo
Lenovo Vibe Z3 Pro
Ø  Spesifikasi :

a.                   Desain
Lenovo Vibe Z3 Pro ini akan di suguhkan oleh ukuran layar seluas 5,5 inch dengan resolusi sebesar 1440 x 2560 piksel yang mempunyai ketelitian layar mencapai 534 piksel per inci. Selain itu layar pada smartphone ini juga telah di balut oleh kecanggihan dari teknologi IPS LCD Capacitive yang telah di lindungi oleh teknologi anti gores Corning Gorilla Glass 4.
b.                  Sistem Operasi
Pada sektor dapur pacunya, smartphone Lenovo Vibe Z3 Pro ini telah di benamkan oleh prosesor  Octa Core yang terdiri dari Quad core 1,5GHz Cortex A53 dan Quad core 2GHz Cortex A57. Prosesor tersebut telah di proses oleh RAM sebesar 4GB dan telah di perkokoh dengan adanya pengolah grafis dari Adreno 430 yang di oprasikan oleh oprasi sistem Android Lollipop versi 5.0.2 terbaru.
c.                   Fitur Kamera
Sedangkan untuk fitur kameranya, smartphone Lenovo Vibe Z3 Pro ini telah di sematkan oleh kamera utama beresolusi 16MP dengan resolusi 3456 x 4608 piksel yang sudah di lengkapi oleh fitur OIS (optical image stabilization), dual LED flash dan juga autofocus. Selanjutnya untuk bagian depannya, ponsel Lenovo ini telah di sematkan oleh kamera skunder beresolusi 8MP yang bisa anda pergunakan untuk foto selfie.
d.                  Memori
Ruang penyimpanan yang telah di benamkan pada smartphone Lenovo Vibe Z3 Pro ini lumayan besar yaitu pada memori internalnya telah di berikan ruang kosong berkapasitas 128GB serta telah di bantu dengan adanya microSD untuk media penyimpanan yang lebih luas lagi. Untuk memenuhi semua aktivitas smartphone tersebut telah di tanamkan oleh baterai berkapasitas daya 3400 mAh.
e.                   Fitur Koneksi
Ponsel dual SIM ini juga telah di dukung oleh fitur konektivitas yang lumayan lengkap diantaranya terdapat wifi, dual band, hotspot, GPS, A-GPS, Bluetooth, NFC, GLONASS, dan juga microUSB. Tapi sayangnya smartphone Lenovo Vibe Z3 Pro ini belum di ketahui berapa harga yang telah di bandrolnya.

Spesifikasi Lenovo Vive Z3 Pro

Tahun
2015
SIM
Dual SIM dan Single SIM
Layar
5.5", Full HD 1080x1920pixels (~534ppi)
IPS-LCD Capacitive Touchscreen 16M Colors
Multitouch, Corning Gorilla Glass 4
OS
Android v5.0 Lollipop
Prosessor
Octa-core 64Bit
Quad-core 1.5GHz
Quad-core 2GHz
Chipset
Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810
RAM
4GB
Memory
Internal 32GB, microSD Up 128GB
Kamera
Belakang: 16MP, Laser autofocus, OIS (optical Image Stabilization)
Depan: 8MP
Baterai
Non-Removable Li-Po 3400mAh

Ø  Kelebihan:
1.      Dibekali RAM 4GB
2.      Dan kamera 16 MP
3.      Bisa dual dan single sim
4.      Sistem operasi sudah yang terbaru yaitu android 5.0 Lolipop
Ø  Kekurangan:
1.      Harganya sedikit mahal
2.      Baterainya masih bersifat non removable

5.      Perusahaan Asus

Asus Zenfone Zoom ZX550
Ø    Spesifikasi :




a.      JARINGAN HP
Terdapat beberapa jaringan yang tersedia pada ponsel ini. Diantaranya jaringan yang bisa di gunakan untuk berkomunikasi dalam menjalankan kebutuhan sehari-hari adalah jaringan 2G dengan menggunakan frekuensi GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, lalu jaringan 3G dengan menggunakna frekuensi HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 dan juga menggunakna jaringan terbaru yakni 4G dengan frekuensi LTE.
Jenis sim yang di gunakan adalah micro Sim, sehingga sekarang perdana yang beredar masih menggunkan ukuran SIM pada umumnya atau masih model lama, maka dari itu pengguna harus memotongkan perdanannya tersebut agar bisa masuk kedalam ponsel ini.
b.      Model dan Desain HP 
Dengan menggunakan model ciri khas dari Asus seperti model Zenfone lainnya dengan tipe CandyBar dan berdimensi 158.9 x 78.8 x 12 mm, berat ponsel 185 g di lengkapi dengan menggunakan layar berukurna 1080p x 1920 pixels, 5.5 inches (~401 ppi pixel density). Di mana layar tersebut menggunakan jenis layar IPS capacitive touchscreen, 16M colors serta layar tersebut sudah menggunakan pelindung dengan tipe Corning Gorilla Glass 3. Sehingga layar tersebut sudah aman dari lecetan dan goresan.
Tampilannya juga masih menggunkan model desain milik Asus sendiri khasnya yakni ZenUI.
c.       MEMORI HP
Dalam menyimpan sebuah data milik pribadi, pengguna bisa menggunakan dua model penyimpanan data yakni internal dan eksternal yang mana memori internalnya memiliki ukuran cukup besar di bandingkan Zenfone 2, 128 GB dan di tambah juga dengan memori eksternal yang mampu di berikan MicroSd hingga berukuran 64GB. Malah lebih besar ukuran memori internalnya di bandingkan memori eksternalnya. Ukuran 128GB tersebut nantinya di gunakan sebagian sekitar 1-5 Gb untuk menyimpan file sistem seperti sistem operasi dan program aplikasi bawan pabrikan. Sehingga memori internal tersebut tidak bisa di gunakan sepenuhnya.
Namun memori sebesar itu akan lebih-lebih dalam menyimpan data pribadi pengguna. Selain itu juga tersedia memori RAM dengan ukuran 2GB dan 4GB. Berbeda ukuran RAM berbeda pula harga Asus Zenfone Zoom ini. Kenapa asus memberikan memori yang cukup besar ini? Tentu saja hasil jepretan kamera ponsel ini akan menghasilkan ukuran yang lebih besar di bandingkan kamera ponsel lainnya.
d.       KONEKSI HP
Ponsel ini menggunakan jaringan data dalam mengakses internet di antaranya yang tersedia adalah jariangan EDGE, GPRS, dan jaringan yang tersedia di Indonesia yakni 3G dengan kecepatan akses HSPA 42.2/5.76 Mbps, dan apabilan Indonesia sudah tersedia jaringan 4G, maka ponsel ini bisa menggunakannya dan menikmati kecepatan LTE Cat4 150/50 Mbps.
Apabila tidak memiliki jaringan data internet, pengguna bisa menggunakan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, apabila di sekitarnya terdapat jaringan wifi. Serta ponsel ini bisa di gunakan sebagai Wi-Fi Direct, hotspot .
e.      FITUR HP
Fiture tersedia pada ponsel ini hampir sama dengan ponsel lainnya yang mana diantaranya fiture GPS, MP3 Player, MP4 Player, Video Player, Game, dan yang menonjol pada ponsel ini adalah kamera yang tersemat di body depan dan belakang.
Kamera utama yang mememiliki ukuran paling besar bertempat di body belakang berukuran 13 MP, 4128 x 3096 pixels, yang mana di dukung dengan pengambilan gambar menggunakan fiture canggih kamera ini seperti : laser autofocus, 3x optical zoom, manual controls, optical image stabilization, dual LED flash (dual tone), Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, dan juga bisa di gunakan untuk membuat Video 1080p@30fps.
Kamera kedua atau kata lainnya kamera sekunder yang berada di depan memiliki ukuran 5MP bisa untuk mengambil gambar dengna hasil yang bagus, video call, selfie dan kebutuha lainnya.
f.        SPESIFIKASI HP
Spesifikasi Asus Zenfone Zoom ini menggunakan sistem operasi yang terbaru dari Google yakni Android OS, v5.0 (Lollipop) yang mana di optimalkan dengan menggunakan prosesor besutan dari intel dengan spesifikasi Intel Atom Z3580, Quad-core 2.3 GHz. Selain itu grafisnya di optimalkan dengan PowerVR G6430. Tak cuma itu saja yang mengoptimalkan kinerjanya, melain memori RAM dengan ukuran varian 2GB dan 4GB juga turut andil mengoptimalkan kinerja dari ponsel dengan kamera super ini.
SPESIFIKASI ASUS ZENFONE ZOOM ZX550
Jaringan 2G
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
Jaringan 3G
HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
Jaringan 4G
LTE
Layar
1080p x 1920 pixels, 5.5 inches (~401 ppi pixel density)
Jenis layar
IPS capacitive touchscreen, 16M colors
Lain-lain
– Sensors : Accelerometer, gyro, proximity, compass
– Multitouch
– Corning Gorilla Glass 3, oleophobic coating
– ZenUI
Internal
128 GB storage, 4GB RAM & 2GB
Slot
microSD, up to 64GB
Kecepatan
HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
Wifi
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, hotspot
O.S.
Android OS, v5.0 (Lollipop)
CPU
Intel Atom Z3580, Quad-core 2.3 GHz
GPU
PowerVR G6430
Sensor
 Accelerometer, proximity, compass
Kamera belakang
13 MP, 4128 x 3096 pixels, laser autofocus, 3x optical zoom, manual controls, optical image stabilization, dual LED flash (dual tone), Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, Video 1080p@30fps
Kamera depan
5MP
GPS
Yes
Java
Yes, via Java MIDP emulator
Fitur lain
– 5GB free lifetime ASUS WebStorage
– MP3/WAV/eAAC+ player
– MP4/H.264 player
– Document viewer
– Photo viewer/editor
– Voice memo/dial
Baterai
Tipe Non-removable Li-Po 3000 mAh battery
Siaga :
Bicara Aktif :

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ASUS ZENFONE ZOOM ZX550
Kelebihan Asus Zenfone ZOOM ZX550
Kelemahan Asus Zenfone ZOOM ZX550
Android OS, v5.0 (Lollipop)
Baterai Non-removable Li-Po 3000 mAh battery
Intel Atom Z3580, Quad-core 2.3 GHz
Kepadatan layar~401 ppi pixel density
MemorI eksternal up to 64GB, RAM 4GB & 2GB, internal 128GB
Kamera belakang 13MP, depan 5MP
Jenis layar IPS capacitive touchscreen, 16M colors





BAB III

PENUTUP

KESIMPULAN

Jadi semakin berkembangnya teknologi semakin canggih pula teknologi di dunia ini terutama pada smartphone. Menurut beberapa review atau ulasan tentang smartphone terbaru di tahun 2015 dapat disimpulkan bahwa:

1.      Perusahaan berlomba-lomba menciptakan smartphone dengan resolusi kamera yang besar, sehingga kualitas gambar yang dihasilkan maksimal. Apalagi dengan fitur autofocus.
2.      Kapasitas RAM yang lebih besar.
3.      Desain layar yang minimalis dan lebar. Membuat pengguna lebih puas saat mengoperasikannya, contohnya saat menggunakan youtube, membaca e-book dan lain-lain
4.      Beberapa ponsel masih menggunakan baterai yang bersifat non removable
5.      Ketebalan ponsel yang tidak lebih dari 1cm atau di bawah 1cm



0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news