Pages

Kamis, 21 Mei 2015

Makalah Google Drive


BAB II
PEMBAHASAN

A.     GOOGLE DRIVE
Google Drive adalah layanan penyimpanan yang dimiliki oleh google. Google Drive ini sebenarnya sudah lama dilunjurkan yaitu sejak 24 April 2012 yang lalu. Pengguna google drive akan mendapatkan layanan penyimpanan gratis sebesar 5 GB. Google Drive merupakan perubahan dari Google Docs, jika sobat membuka google docs maka akan diredirect ke google drive.

Fungsi dan Keuntungan Google Drive
Google Drive memiliki fungsi layaknya Dropbox yaitu sinkronisasi data dari PC anda, jadi sobat bisa membuat dan berbagi data dan dokumen di google drive tersebut. Selain itu sobat juga bisa mengakses data file dari mana saja di rumah ataupun di kantor dengan terhubung dengan internet pastinya.
Keuntungan lainnya yaitu Google Drive telah terintegrasi dengan layanan google liannya diantaranya gmail, Gplus, google searc dan lainnya. Jika sobat ingin mencoba google drive ini silahkan langsung menuju drive.google.com lalu loginlah menggunakan Email sobat agar sobat bisa menggunakan Google Drive. Nanti akan tampil seperti gambar dibawah jika google drive sobat sudah diaktifkan, namun jika belum silahkan tunggu pemberitahuan dari google ke email sobat,
Google Drive berfungsi pada sejumlah aplikasi yang terus bertambah yang dapat Anda pasang dari Toko Web Chrome. Dengan aplikasi tersebut, Anda dapat mengedit gambar dan video, mengirim faks dan menandatangani dokumen, mengelola proyek, membuat bagan alur, dan banyak lagi. Berapa pun banyaknya aplikasi Google Drive yang telah Anda pasang, Anda dapat mengakses seluruh file Anda dalam satu tempat: Google Drive di web


·         Hal-hal yang dapat Anda lakukan dengan aplikasi Google Drive
1.      Membuat file baru di Google Drive dari jenis file aplikasi tersebut
2.      Mengakses dan membuka file di Google Drive
3.      Mengakses file Google Drive dari aplikasi di luar Google Drive
4.      Menyimpan file ke Google Drive dari aplikasi di luar Google Drive
5.      Berbagi jenis file apa pun, termasuk file yang dibuat dengan aplikasi Google Drive
Membuat file dengan aplikasi Google Drive
Dengan Google Drive, sobat dapat membuat lebih banyak lagi file daripada dengan Google Documents karena beberapa aplikasi memungkinkan Anda membuat jenis file lain di Google Drive. Setelah memasang salah satu aplikasi tersebut, Anda akan melihat jenis file dari aplikasi tersebut tercantum di menu Buat dalam Google Drive di web.
1.      Buka drive.google.com.
2.      Klik tombol Buat yang berwarna merah di kiri atas.
3.      Arahkan mouse ke Lainnya.
4.      Pilih aplikasi dari submenu Lainnya.
5.      Aplikasi akan terbuka dan Anda dapat mengerjakan file yang telah Anda buat dan simpan. Anda dapat mengaksesnya kapan saja, di mana saja di Drive Saya (Google Drive di web).
Sobat juga dapat menyinkronkan file yang telah Anda buat menggunakan aplikasi Google Drive ke folder Google Drive di komputer Anda. Pilih file yang ingin disinkronkan ke komputer.
Membuka file dengan aplikasi Google Drive
Setelah sobat memasang aplikasi Google Drive, aplikasi akan tampil dalam menu Buka dengan pada Google Drive di web untuk jenis file yang kompatibel dengan aplikasi tersebut. Misalnya, jika aplikasi pengeditan gambar terdaftar untuk membuka file JPEG, Anda dapat membuka file JPEG apa pun di Google Drive dengan aplikasi tersebut.
1.      Buka drive.google.com
2.      Klik kanan file dalam Google Drive di web
3.      Arahkan mouse ke Buka dengan.
4.      Pilih nama aplikasi dari submenu Buka dengan.
5.      File Anda akan terbuka di aplikasi Google Drive yang Anda pilih.
B.    GOOGLE DOC
Google docs adalah salah satu fasilitas google.co.id yang sengaja disediakan untuk menyimpan dokumen-dokumen yang Anda miliki. Artinya, Anda bisa memanfaatkan google.docs sebagai tempat penyimpan data cadangan Anda. Andaikata laptop atau komputer Anda terkena virus, Anda tak perlu kebingungan jika sudah menyimpan data-data Anda di google.docs. File yang Anda simpan masih ada dan tidak hilang.

Bagaimana Cara Mendapatkan Layanan Google Docs…?
Untuk mendapatkan layanan google docs anda cukup memiliki akun google mail dan kemdian login kedalam google docs di alamat ini
http://docs.google.com/ Setelah login anda bisa langsung membuat atau membuka dokumen yang telah anda buat. Jika yang ingin anda buka adalah dokumen yang ada pada komputer anda maka anda perlu mengunggahnya terlebih dahulu kemudian baru bisa di ehttp://www.blogger.com/blogger.g?blogID=6093743572843235245#editor/target=post;postID=6714060629036338859dit.

Bagaimana Cara membuat dokumen…?
Untuk membuat sebuah dokumen anda perlu menentukan jenis dokumen yang anda inginkan. Ada lima pilihan yang bisa anda gunakan yaitu Document, SpreadSheet, Presentation, Form, Dan Drawing. Misalkan anda memilih jenis dokumen spreadsheet maka jendela baru akan muncul dan anda bisa langsung membuat dokumen anda disana.
Untuk informasi lain mungkin sabaiknya anda mencoba sendiri layanan google docs ini yang menurut saya luar biasa dengan

Apa Fungsi dan Kegunaan Google Docs?
Fungsi utama Dari Google Docs Adalah Untuk menyimpan File dokumen Contohnya saja File Office file Pdf Dan File Format Dokument Lainnya.

Tapi di balik itu semua Ternyata Google Doct Bisa Juga Untuk Membuat Contact Us Blog.

 Untuk Contoh Hasil Contact Us itu sendiri Anda Bisa Lihat di Contack Us Blog Facewoman.lainnya adalah google docs ini bersifat gratis sehingga anda tidak perlu membayar untuk menggunakannya. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Keunggulan Membuat Contact Us dengan Google Docs Yang facewoman rasakan adalah tampilan Contact Us Dengan Google Doct sangatlah bagus dan  begitu apik dengan Pilihan Tema yang banyak.Membuat Contact Us dengan Google Docs juga tidak memberatkan Loading Blog,Jadi jika saya bandingkan Membuat Contact Us dengan pihak Ketiga lainnya yang menyediakan layanan Contact Us Di blog,Google Docs Memanglah sangat unggul dalam proses loading Blog dan tetap menjadi pilihan saya.

Kekurangan Membuat Contact Us Dengan Google Docs Adalah Google Docs Mempunyai Server sendiri jadi Anda tidak bisa menghubungkan google docs dengan email anda sendiri.Jika ada visitor yang mengirimkan pesan melalui Contact Us blog anda,Yang harus anda lalkukan adalah membukanya di
https://docs.google.com/.

C.     GOOGLE SLIDE
Google Slides adalah sebuah aplikasi presentasi online yang memungkinkan untuk memamerkan karya Anda dengan cara visual
Google slide (film bingkai) adalah suatu film transparasi yang berukuran 35 mm dengan bingkai 2x2 inci. Slide yang simpel, sederhana dan tepat sasaran adalah yang terbaik. Semakin rumit sebuah slide maka audiens akan membutuhkan tambahan waktu untuk mengerti slide tersebut.
Untuk setiap lembar slide yang akan di buat, tanyakan pada diri kita sendiri perlu atau tidak. Apakah cukup 5 slide saja daripada 10 slide,
Latar belakang dan font mudah di baca dengan beragamnya latar belakang slide yang dapat anda gunakan dan ribuat font yang tersedia, ada kalanya kita tergoda untuk bereksperimen dengan bermacam pilihan. Hal tersebut boleh saja selama kombinasi latar belakang dan font yang di gunakan mudah di baca oleh audiens.
Untuk memilih font disarankan maksimum 2 dalam sebuah slide dan bahkan dalam keseluruhan presentasi. Font yang baik untuk presentasi adalah yang tidak menggunakan hiasan pada ujung hurufnya seperti Arial, Verdana, Trebuchet. Font yang menggunakan hiasan dapat digunakan sebagai judul slide.
Google Slides dapat dilakukan untuk :
  1. Membuat dan mengedit presentasi
  2. Mengedit presentasi dengan teman-teman atau rekan kerja, dan berbagi dengan orang lain dengan mudah
  3. Impor Pptx dan. Pps file dan mengkonversikannya ke presentasi Google
    ambil presentasi Anda sebagai PDF, PPT, atau file txt.
  4. Masukkan gambar dan video ke dalam presentasi
    Publikasikan dan menanamkan presentasi dalam sebuah situs web

Langkah-langkah membuat slide :
1.      Membuka program mulai menulis setelah jendela power point (jendela presentasi/slide) muncul, sekarang tuliskan slide pada setiap frame sesuai naskah yang telah anda buat.
2.      Memberi warna teks
Setelah judul presentasi anda tulis (dengan warna hitam) sekarang gantilah warna tulisan judul dengan warna yang lebih menarik.
3.      Membuat animasi teks
Anada bisa memanfaatkan fasilitas animasi yang ada pada program powerpoint untuk menambah efek gerakan pada teks atau gambar, anada bisa mengatur urutan dan waktu yang ada di program powerpoint.
4.      Memberi background pada tampilan slide
Agar tampilan slide anda lebih menarik maka anda dapat memberi background yang anda inginkan pada setiap slide yang anda buat.

D.    GOOGLE  SPREADSHEET
Google Spreadsheet merupakan salah satu fasilitas pengolah angka dan data Googe docs .  Melalui fasilitas ini, pengguna dimudahkan untuk membuat dan berbagi data di web dan mengaksesnya dari komputer atau smart phone. Kolaborasi data yang cepat secara real-time merupakan unggulan fasilitas tersebut sehingga memungkinkan perkantoran di dunia maya.  Dilengkapi fasilitas formulir, Google Spreadsheet lebih mendekatkan pengguna dengan publik, karena mudah membuat survey, polling dan masukan. 
Spreadsheet adalah sebuah program aplikasi komputer interaktif untuk organisasi dan analisis data dalam bentuk tabel. Spreadsheet dikembangkan sebagai simulasi komputerisasi akuntansi lembar kertas. Program ini beroperasi pada data yang direpresentasikan sebagai sel dari array, yang diselenggarakan dalam baris dan kolom. Setiap sel dari array adalah elemen model-view-controller yang dapat berisi baik numerik atau data teks, atau hasil dari formula yang secara otomatis menghitung dan menampilkan nilai berdasarkan isi sel lain.
Pengguna spreadsheet dapat membuat perubahan dalam nilai yang disimpan dan mengamati efek pada nilai-nilai dihitung. Hal ini membuat spreadsheet berguna untuk “apa-jika” analisis karena banyak kasus dapat cepat diselidiki tanpa perhitungan manual membosankan. Software spreadsheet modern dapat memiliki beberapa lembar interaktif, dan dapat menampilkan data baik sebagai teks dan angka, atau dalam bentuk grafik.
Selain operasi dasar aritmatika dan fungsi matematika, spreadsheet modern yang menyediakan built-in fungsi untuk operasi keuangan dan statistik umum. Perhitungan seperti net present value atau deviasi standar dapat diterapkan pada data tabular dengan fungsi diprogram dalam formula. Program spreadsheet juga menyediakan ekspresi kondisional, fungsi untuk mengkonversi antara teks dan angka, dan fungsi yang beroperasi pada string teks.
Spreadsheets sekarang telah menggantikan sistem berbasis kertas di seluruh dunia bisnis. Meskipun mereka pertama kali dikembangkan untuk tugas-tugas akuntansi atau pembukuan, mereka sekarang digunakan secara ekstensif dalam konteks di mana daftar tabular dibangun, diurutkan dan berbagi.
VisiCalc adalah spreadsheet elektronik pertama pada microcomputer, dan itu membantu mengubah komputer Apple II menjadi sistem populer dan banyak digunakan. Lotus 1-2-3 adalah spreadsheet terkemuka ketika DOS adalah sistem operasi yang dominan. Excel kini memiliki pangsa pasar terbesar pada platform Windows dan Macintosh.
Berikut Program Spreadsheet Yang paling populer dan banyak digunakan saat ini:

1. Microsoft Excel

Microsoft mengembangkan Excel pada platform Macintosh selama beberapa tahun, dan kemudian porting ke Windows 2.0. Platform Windows 3.x dari awal 1990-an memungkinkan untuk Excel untuk mengambil pangsa pasar dari Lotus. Pada saat Lotus menanggapi dengan produk-produk Windows yang dapat digunakan, Microsoft telah mulai merakit Office suite mereka. Dimulai pada pertengahan 1990-an terus berlanjut sampai saat ini, Microsoft Excel telah mendominasi pasar spreadsheet elektronik komersial.

2.Open Source Software
Gnumeric adalah, program spreadsheet cross-platform gratis yang merupakan bagian dari GNOME Free Software Desktop Project.
OpenOffice.org Calc dan LibreOffice Calc yang sangat erat kaitannya (dengan menggunakan lisensi (LGPL) bebas dan open source spreadsheet.

3. Spreadsheet Berbasis Web
Dengan munculnya teknologi web canggih seperti Ajax sekitar tahun 2005, generasi baru spreadsheet online telah muncul. Dilengkapi dengan pengalaman pengguna yang kaya aplikasi Internet, yang terbaik berbasis web spreadsheet online memiliki banyak fitur yang terlihat pada aplikasi spreadsheet dekstop. Beberapa dari mereka seperti
Office Web Apps, Zoho atau Google Spreadsheets juga memiliki multi-user fitur kolaborasi yang kuat dan / atau menawarkan update real time dari sumber terpencil seperti harga saham dan nilai tukar mata uang.


Beberapa Spreadsheet lain untuk berbagai platform:

·         Accel Spreadsheet from SSuite Office
·         Calligra Sheets (formerly KCalc)
·         CorelQuattro Pro (WordPerfect Office)
·         GS-Calc
·         iSpread untuk iPad, iPhone and iPod Touch
·         Kingsoft Spreadsheets
·         Mariner Calc is Mariner Software‘s spreadsheet software untuk Mac OS.
·         Calc XLS is Mariner Software‘s spreadsheet software untuk iOS.
·         Numbers is Apple Inc.‘s spreadsheet software, untuk iWork.
·         ZCubes-Calci
·         Kingsoft Office Android


E.     GOOGLE FORM
Google Form atau yang disebut google formulir adalah alat yang berguna untuk membantu Anda merencanakan acara, mengirim survei, memberikan siswa atau orang lain kuis, atau mengumpulkan informasi yang mudah dengan cara yang efisien. Form juga dapat dihubungkan ke spreadsheet. Jika spreadsheet terkait dengan bentuk, tanggapan otomatis akan dikirimkan ke spreadsheet. Jika tidak, pengguna dapat melihat mereka di “Ringkasan Tanggapan” halaman dapat diakses dari menu Tanggapan.

Salah satu alasan dari banyak pengguna yang mungkin tidak menyadari Google Forms adalah bahwa mereka ditemukan bukan sebagai aplikasi terpisah, melainkan sebagai bagian dari Google Drive. Dengan demikian, untuk membuat formulir baru, Anda harus terlebih dahulu login ke Gmail atau Google Apps. Dengan Spreadsheets memungkinkan untuk menunjukkan bagaimana anda dapat menggunakan software ini untuk mengajukan berbagai pertanyaan, termasuk di mana pengguna anda merespon dengan jawaban teks sederhana atau respon teks lebih lanjut. Anda dapat meminta pertanyaan pilihan ganda, daftar pertanyaan, pertanyaan skala, dan banyak lagi. Ketika berbagi formulir anda dengan orang lain, anda dapat mengatur mereka untuk tampil dengan tema yang mengesankan dengan akses yang mudah
Pengertian FORM 
 Form digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan dari user data-data dalam tabel/query dalam bentuk interface grid, tombol dan lain-lain. Form dalam Access dapat dimasukkan ke dalam form lain sebagai control sub form.
Salah satu interface yang disediakan oleh microsoft untuk mempercantik tampilan microsoft  access adalah dengan menggunakan Form.Form dapat dibuat dengan cara Create From in desain view atau Create by using Wizard.








KESIMPULAN
ž  Kita mampu membuat data atau dokumen secara online menggunakan google doc. menggunakan google slide kita bisa mempresentasikan hasil kerja kita secara online kepada teman-teman maupun untuk umum.  Kita juga bisa mengolah data/angka dengan google spreadsheet, membuat formulir dengan mudah menggunakan google form. Semua hasil kerja kita mampu dimuat atau disimpan di google drive.


1 komentar:

 

Blogger news